Gambaran Umum

 A.    Gambaran Umum

Kantor Urusan Agama Kecamatan Playen beralamat di Jalan Pramuka Dusun Playen Desa Playen Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. Gedung KUA Kecamatan Playen dibangun pada tahun 1984 di atas tanah milik Departemen Agama seluas 770 m2, Sertifikat Hak Milik nomor B.8194409 tanggal 24 Oktober 1988. Luas bangunan seluruhnya 108 m2. Di belakang gedung KUA dibangun Mushalla An-Nur seluas 120 m2.

 

Sarana dan prasarana kerja yang ada pada KUA Kecamatan Playen adalah meliputi: ruang kepala, ruang balai nikah, ruang pelayanan dan administrasi, ruang dapur, ruang gudang, ruang tamu, kamar mandi, tempat parker, taman, halaman depan, dan halaman belakang.

Kantor Urusan Agama Kecamatan yang selanjutnya disebut KUA Kecamatan adalah instansi Departemen Agama yang mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota di Bidang Urusan Agama Islam dalam wilayah kecamatan. Sebagai salah satu instansi Departemen Agama yang langsung berhadapan dengan masyarakat, KUA Kecamatan menjadi ujung tombak yang menentukan kredibilitas Departemen Agama. Baik dan buruknya citra Departemen Agama dan terlaksana atau tidaknya program yang dibuatnya, sangat dipengaruhi juga oleh baik dan buruknya kinerja KUA Kecamatan.

 

Menurut KMA  No. 517 tahun 2001 tentang Penataan Organisasi KUA Kecamatan, maka KUA Kecamatan dalam melaksanakan sebagian tugas Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota di Bidang Urusan Agama Islam dalam wilayah kecamatan (pasal 2). Di samping itu, KUA Kecamatan melaksanakan fungsi lain diantaranya: menyelenggarakan statistik dan dokumentasi; menyelenggarakan surat-menyurat, pengurusan surat, kearsipan dan rumah tangga KUA; pencatatan nikah dan rujuk; melakukan pembinaan kepenghuluan; mengurus dan membina masjid, zakat, wakaf, baitul mal, dan ibadah sosial, kependudukan dan pengembangan keluarga sakinah sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Dirjen Bimas Islam berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Sehubungan dengan tugas tersebut di atas, maka KUA Kecamatan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi harus profesional dan dapat melayani masyarakat sesuai dengan tuntutan reformasi agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik dengan pelayanan prima. Pelayanan prima dimaksud adalah pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa minimal sesuai dengan standar pelayanan prima.

 

Setiap organisasi atau instansi termasuk KUA Kecamatan dalam pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat harus berdasarkan kepada standar pelayanan prima. Maka pelayan yang diberikan KUA Kecamatan mengacu pada terpenuhinya keinginan pengguna jasa (customer) atau yang dilayani dengan cepat, tepat, akurat, murah, ramah, dan penuh tanggung jawab. Jika KUA Kecamatan dalam pelayanan masyarakat di Bidang Urusan Agama Islam tidak sesuai dengan pelayanan prima maka akan menyalahi peraturan yang berlaku.

 

Kantor Urusan Agama Kecamatan Playen sebagai bagian dari beberapa dinas dan instansi yang berada di wilayah Kecamatan Playen secara bersama-sama melaksanakan tugas guna kemajuan dan perkembangan pembangunan Kecamatan Playen di bawah koordinasi  muspika Kecamatan Playen.

 B.     Keadaan Geografis

Kecamatan Playen adalah salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten Gunungkidul yang letak geografisnya berdekatan dengan ibukota Kabupaten Gunungkidul, tepatnya berada di sebelah barat kota Wonosari. Sehingga Kecamatan Playen menjadi pintu gerbang untuk memasuki kota Wonosari dari arah barat. Dengan letak geografis yang demikian Kecamatan Playen memiliki spesifikasi yang berbeda dengan kecamatan-kecamatan lain yang letaknya jauh dari ibu kota kabupaten atau bahkan dengan kecamatan kota itu sendiri.

Luas wilayah Kecamatan Playen secara keseluruhan berjumlah sekitar 6.292,19 hektare  yang terbagi menjadi beberapa kategori antara lain:

1. Tanah sawah                                              187,0955 ha

2. Tanah kering                                           2.000,9037 ha

3. Tanah basah                                                   2,0000 ha

4. Tanah hutan                                            9.073,4000 ha

5, Tanah perkebunan                                         0,0000 ha

6. tanah keperluan fasilitas umum                   28,7908 ha

7. Lin-lain (tanah tandus)                                  0,0000 ha

 

Kecamatan Playen berbatasan dengan wilayah-wilayah lain yaitu:

1. Sebelah Utara berbatsan dengan Kecamatan Wonosari dan Patuk

2. Sebelah Timur berbatasan dengan  Kecamatan Wonosari

3. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Paliyan dan Panggang

4. Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Patuk dan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul.

Sedangkan kondisi geografis Kecamatan Playen dapat digambarkan sebagai berikut:

1. Ketinggian dari permukaan air laur            190,0000 m

2. Curah hujan                                        418,0000 mm/th

3, Suhu udara                                    27,00 °C – 32,00 °C

 

Bentuk wilayah Kecamatan Playen adalah sebagi berikut:

1. Datar sampai  berombak                                        45%

2. Berombak sampai berbukit                                    10%

3. Berbukit sampai bergunung                                   45%

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: